Pengikut

Mengenai Saya

DKI Jakarta Terpadat, Jakut, tapi akhir-akhir ini Jakbar, Indonesia
sombong, sok, angkuh, nyolot, belagu, sifat dasar manusia yang amat teramat melekat di gue

Minggu, 09 September 2012

ketika anak kostan bersuara

pertama-tama biarkan gue curhat dulu karena hari ini adalah hari terakhir kampus gue libur.
ga rela gue uda musti masuk kuliah lagi besok, bukan karena masalah pelajarannya, tapi lebih kepada orang-orangnya yang menurut gue annoying, dan apalagi kalo sampe ada yang sekelas, begh!
gue rasa akan ada dua pilihan ketika gue amit-amitnya menghadapi situasi terburuk itu, yang pertama adalah say hi terus pura-pura ga kenal, yang ke dua adalah say hello terus pura-pura ga kenal. apapun itu pasti gue bakalan ga nyaman berada di kelas itu, hell.

selesai curhat.
jadi sebenernya kali ini gue mau posting tentang masalah ngekost.
kenapa tiba-tiba gue bisa kepengen posting tentang topik ini?
itu dikarenakan temen gue, sebut saja mulyadi, yang sudah sebesar gentong ini, terkendala dengan masalah mau pergi dan pulang naik apa doi ke kampus. kampusnya doi itu terletak di bilangan jakarta barat, lumayan terkenal karena ada eskalatornya, dan rumahnya doi itu adalah di pademangan.
jadi permasalahannya, dari 4 hari kuliah, cuma hari selasa doang doi itu ga pas jadwalnya ama cowoknya doi yang biasa jadi supirnya doi, yang mana hal itu menyebabkan doi musti pulang pergi sendiri.
gara-gara hal itu, bonyoknya doi nyuruh doi ngekost lagi (waktu semester 1 doi pernah ngekost, tapi semester berikutnya karena jadwalnya doi barengan ama cowonya jadi doi berhenti ngekost), karena bonyoknya doi khawatir kalo doi musti naek angkot sendirian, jadi doi ga dibolehin naek angkot sendirian kecuali ada temennya.
dan tebak para pembaca sekalian bagaimana reaksinya doi?
pada akhirnya doi harus berlinangan air mata ngomong ke nyokapnya karena doi sangat tidak mau ngekost.
-________-

sampai situ aja ceritanya, intinya gue cuma mau nunjukkin kepada para pembaca sekalian bahwa ternyata ada juga orang di luar sana yang mati-matian ampe ga mau ngekost.
padahal selama ini, gue ngeliat temen-temen kampus gue itu banyakan pada ngotot mau ngekost, cuma sayangnya orang tuanya ga ngizinin, kebalik banget ga itu.

alesan si mulyadi ga mau ngekost itu mungkin berkisar diantara alesan cewek-cewek jakarta metropolis, tapi ada dari sisi orang ketiga nya juga sih karena doi musti sekamar ama sepupu yang doi ga suka. apapun itu, gue mau ngasih tau aja ke para pembaca sekalian, bahwa ngekost itu ga seburuk bayangan si mulyadi kok. emang sih doi pernah ngekost 1 semester, dan doi bilang bahwa itu ga enak. tapi kalo menurut gue, terlepas dari hal-hal orang ketiga, ngekost itu enak.

kalo emang diliat dari segi metropolis kaum borjuis, ngekost itu ga enak, lo musti beres-beres kamar sendiri, ga ada yang nyiapin makan buat lo, dsb dsb..
tapi mari coba kita liat dari sisi kaum intelek dewasa, dengan ngekost, lo jadi bisa belajar banyak hal, dan ini terutama gue tujukan buat kaum borjuis metropolis.
contohnya aja gue deh. semenjak ngekost, gue itu lebih belajar buat menghargai setiap makanan yang gue makan, apalagi kalo makanannya harganya mahal, uda gitu cuma seiprit lagi, gue bakal bener-bener menghayati banget itu makanan, tapi biasanya sih gue sambil ngedumel gitu kenapa makanan sekecil ini kok harganya mahal banget. padahal dulu sebelom ngekost, gue makan itu seenak jidat, kalo nenek gue masak terus gue suka masakannya, ya gue makan. tapi kalo gue ga suka makanannya, ya gue cari sayur laen, tinggal minta duit ke bokap, dan senang lah gue. kalo sekarang gue praktekkin kebiasaan gue yang seenak jidat itu, gue bisa-bisa makan mie terus dari pertengahan bulan ampe akhir bulan. gue sekarang lebih harus bisa untuk menghargai setiap makanan yang masuk ke mulut gue, emang sih gue masih suka milih-milih makanan, tapi gue berusaha untuk ngabisin itu makanan, bukannya malah beli makanan yang laen. karena jujur aja, biasanya anak kostan itu dikasih jatah uang jajan yang tidak melebihi dari sedikit lebih cukup, dan kalo lo mau tetep survive ampe jatah berikutnya dikasih, ya lo musti pinter-pinter lah itu ngatur kebiasaan lo.

ga ada ruginya kok nyoba jadi gembel di kostan.
ga selamanya lo bakal di supply ama orang tua lo, ga selamanya juga lo bakal disamping orang tua lo. dengan ngekost lo bisa belajar buat jadi mandiri dan dewasa.
kalo lo ngekost sendiri, terus lo ngerasa kesepian, pake dong kemampuan lo sebagai makhluk sosial buat bisa nyari temen.
kalo lo males buat ngeberesin kamar kost lo sendiri, lo pikir lagi deh, emangnya nanti lo bakal ngejamin kalo lo pasti jadi orang kaya apa yang bisa bayar pembantu, terutama untuk kaum hawa ini yang gue maksud, dan lagi apa lo lebih seneng barang-barang pribadi lo disentuh-sentuh dan diotak atik ama orang laen? kalo gue sih ga suka barang gue disentuh-sentuh ama orang laen.

gue enjoy-enjoy aja selama ini di kostan. kostan gue selama ini biasanya jarang ada penghuninya di lantai yang sama ama gue, biasanya dari 4 kamar, cuma 2 kamar yang ada penghuninya termasuk gue salah satunya, dan gue lebih suka begitu, malah kostan yang sekarang ini, cuma gue satu-satunya penghuni di lantai 3 ini. gue ga suka saat-saat yang seharusnya gue bisa beristirahat dengan tenang, saat-saat dimana gue butuh privasi setelah seharian bersosialisasi, terganggu oleh aktivitas-aktivitas yang mengganggu, makanya gue pindah dari kostan yang sebelomnya karena tetangga sebelah kamar ga ada toleransi antar penghuni kost sama sekali, dan beruntung temen sekamar gue yang dulu sempet ninggalin gue, sekarang balik mau ngekost lagi, jadilah dapet di kostan yang selama ini gue incer.

dan juga di kostan, lo bakal ngeliat kehidupan yang jauh lebih berbeda kalo lo di rumah, lo bakal punya kegiatan-kegiatan dadakan yang seru bareng ama temen-temen selingkungan lo (makanya gue bilang harus bisa bersosialisasi).
juga, yang terpenting, keluarga, akan lebih terasa berarti banget buat lo yang ngekost. tentu beda rasanya kalo lo ketemu tiap hari ama keluarga lo dan seminggu sekali, mungkin lo bakal lebih bisa bersikap layak dan dewasa buat keluarga lo.

tapi jangan lantaran gue ngomong ngekost itu enak, lo pada jadi semakin teguh ngototnya ama bonyok lo. liat juga situasinya, kalo emang lebih benefit buat pulang pergi rumah, ya jangan ngotot buat ngekost.
gue sharing aja ama pengalaman gue ngekost, ada beberapa hal yang gue sebutin tadi yang mungkin bisa lo lakuin tanpa lo harus ngekost. gue ngepost ini cuma nampilin dari sisi benefit nya aja, ada juga sisi ga enaknya, tapi bukan karena hal-hal sepele kayak kelaperan atau kesepian, mungkin lebih ke arah belom siap buat hidup sendiri aja kalo menurut gue.

anyway, karena gue anak kostan, mau ga mau gue harus wajib membela suara anak kostan juga. jadi kalo dari postingan ini  ada individu yang ngerasa tersindir dan ga setuju, monggo..
silakan beropini, tapi jangan memancing..

salam dingin dari kostan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar