Pengikut

Mengenai Saya

DKI Jakarta Terpadat, Jakut, tapi akhir-akhir ini Jakbar, Indonesia
sombong, sok, angkuh, nyolot, belagu, sifat dasar manusia yang amat teramat melekat di gue

Minggu, 12 Agustus 2012

tradisi ulang tahun kami

beberapa hari yang lalu gue bareng ama temen-temen gue pergi ke ITC Mangga Dua. tebak dong gue ngapain disana? retoris abis pertanyaannya ya, umumnya orang-orang pergi ke sana itu ya pasti untuk beli baju lah..
yap, kita pergi kesana buat nyari baju, buat dipakai di hari lebaran, jengjeng.. kalo lo pada tau mengenai keyakinan gue tentang Tuhan pasti lo pada tau kalo kalimat gue barusan itu cuma candaan aja hehe..

sebenernya kita nyari baju kesana itu dalam rangka ulang tahun temen kita, kebetulan dia minta kadonya itu adalah baju kaos kerah warna merah. awalnya sih gue uda nyari tuh baju duluan muter-muter di salah satu mall di bilangan Jakarta Barat, tapi ga ada yang sesuai dengan kriteria temen gue, entah itu ukurannya ga pas lah, ga ada yang warna merah lah, sekalinya ada yang sesuai kriteria temen gue, tuh baju ga sesuai ama kriteria gue dan temen-temen gue yang beliin kadonya, yang mana maksudnya itu adalah budgetnya yang ga sesuai kriteria. ya maka dari itulah salah satu temen gue memutuskan untuk pergi ke ITC Mangga Dua buat nyari kadonya, sesuai dengan referensi salah satu temen gue yang lain yang katanya di ITC Mangga Dua itu banyak kaos begituan yang memenuhi kriteria temen gue yang ulang tahun dan memenuhi kriteria kita yang beliin kadonya.

kira-kira seperti itulah ceritanya bagaimana gue bisa berakhir di ITC Mangga Dua di hari sabtu menjelang lebaran yang padat itu. jujur gue rada males buat pergi ke tempat-tempat ramai semacam ITC Mangga Dua ini, karena gue ga pernah bisa keluar dengan selamat tanpa kesasar sekalipun kalo gue pergi kesana, beruntung kali ini gue pergi dengan teman-teman gue yang tongkrongannya di ITC Mangga Dua. tapi tetep aja bukan berarti gue demen pergi kesana, abisnya disana itu rameee sekaleee hadeh, lo ga akan bisa jalan kalo lo ga nabrak-nabrak orang, belom lagi kalo ada orang yang ngetem di salah satu toko, uda jalanannya sempit, pake ngetem lagi itu orang. itu tuh sama aja kayak jalanan satu jalur yang dipaksa pake buat dua jalur dan dipaksa juga dipake buat tempat parkir atau ngetem, tabrakan mengerikan terjadi disana sini, kawan. dan satu lagi, gue suka rada ngeri ngeliat kerumunan orang-orang yang disitu, misalnya gue turun dan ngeliat kebawah yang mana itu isinya adalah semacam danau orang-orang yang asing dan ga gue kenal, dan gue tau sebentar lagi gue akan masuk ke dalam danau itu, rasanya tuh seperti tau kalo lo bakal tenggelam dan malah sengaja nyeburin diri.

dan itu semua terjadi berkat temen gue yang macem-macem minta kadonya. kenapa kita tetep keukeuh ngebeliin dia kaos kerah warna merah dan ga ganti haluan kadonya aja padahal uda tau itu ngerepotin kita sangat apalagi itu temen yang ulang tahun gonta ganti minta kadonya? dan lagi mungkin kedengerannya aneh kali ya untuk beberapa di antara kalian, masa mau ngasih kado tapi yang ulang tahun tau kadonya apa? kan ga surprise lagi dong itu..

jadi begini sejarahnya loh kawan-kawan, ini semua tuh bermula ketika SMA, dulu kita ngerayain ultah sama seperti manusia pada umumnya yang ngasih kadonya itu semacam kejutan barangnya, tapi terus selalu ada protes dan keluh kesah dari para si pencari kado, karena nyari kado itu bukan hal yang mudah asal tau aja, lo perlu muter-muter satu hari an itu ga jelas mau nyari barang apa dan lo ga akan pernah sepakat tentang apa yang harus dibeli, karena pasti selalu terjadi beda pendapat dan juga lo ga tau kalo tuh anak yang ultah demen ga ama jenis kado yang detailnya kayak gini. dari situlah kita mulai tradisi yang baru, mending nanya langsung aja lah ama si yang ultah dia mau kado apa buat ultahnya dia, sehingga kita yang nyari kado jadi uda tau mau nyari apaan dan bukannya muter-muter ga jelas seharian tanpa tujuan.

dan kali ini, temen gue yang ulang tahun, sebut saja si kodok, minta baju kaos kerah warna merah, setelah sebelumnya dia meminta lampu apa itu namanya buat mobilnya dia (jelas terjadi protes yang keras atas permintaan kadonya yang ini) dan kemudian meminta tabungan deposito berjangka (ya, gue tau, dia bener emang sadis) dan akhirnya meminta kado yang normal wajar aja, yaitu sepasang sneakers. kenapa bisa tiba-tiba dia mengganti kadonya dari sneakers menjadi kaos kerah warna merah? hanya dia dan Tuhan yang tau. yang jelas, salah satu temen gue, sebut saja si haibara, yang ketika itu dia bilang lagi ga enak badan gara-gara panas dalem, uda nyari sneakers sendirian sebelumnya ke pasar baru, dia uda muter-muter pasar baru panas-panasan keluar masuk toko nyari sneakers yang sesuai ama kriteria si kodok ini, ampe di foto-fotoin trus dikirim ke si kodok, dan selalu ditolak si kodok karena ga sesuai ama kriterianya si kodok. di tengah-tengah pencarian yang melelahkan itu, si kodok tiba-tiba bbm si haibara dan bilang "eh, ga jadi deh sneakersnya, ternyata nyokap gue uda beliin, gantinya kaos kerah warna merah aja" ta-damm..
gue ga punya hak untuk menuliskan apa yang dirasakan si haibara itu, karena itu si haibara sendiri yang ngalamin juga sih. tapi ya bisa dibayangkan juga lah reaksinya seperti apa.

anyway, tradisi ultah kita ini uda berlangsung selama beberapa tahun, dan rata-rata sih pola nya sama. yang membedakan adalah kisah dibaliknya aja. jadi pernah temen gue yang ulang tahun, ngajakin ngerayainnya sambil nonton cosplay di salah satu mall di bilangan Jakarta Utara, jadi ceritanya saat itu kita belum beliin kadonya dia, gue juga lupa itu kenapa kita belum beliin kadonya, kalo ga salah karena tuh anak belum tau dia mau kado apa, tapi pas hari h nya kita tetep diajak jalan buat ditraktir makan, ya kita ikut-ikut aja ditraktir makan mah. nah, pas kita lagi nonton cosplay nya itu, kan ada booth-booth yang biasanya jualan barang-barang anime atau ga yang bercirikan jepang gitu kan, trus di situ tuh ceritanya ada satu booth juga yang ngejual jaket gitu. nah, temen gue yang ultah ini bilang dia demen sama salah satu jaket yang ada di situ, yaudahlah kita bilang itu buat kado dia aja, dan dia menyetujuinya. yang epic nya itu, waktu itu ceritanya dia sendiri yang milih itu jaket trus beli itu jaket, dan dia bayar pake duitnya dia sendiri, gue lupa kenapa waktu itu kita ga bayar patungan kayak biasanya, tapi yang jelas abis itu dia dateng ke temen-temen gue yang lainnya dan mengakui kalo itu adalah kadonya dia dari kita, yaudahlah kita yang laennya terima-terima aja pernyataan itu, dan akhirnya kita patungan buat gantiin duitnya dia buat beli kadonya dia itu. dan tebak siapa temen gue yang lagi ulang tahun saat itu, si kodok.

ada lagi kejadian ulang tahun lainnya yang mana yang berulang tahun minta kadonya itu adalah jaket yang ada di WTC Mangga Dua, ceritanya kemarennya dia uda pergi kesana dan dia uda tau jaketnya kayak apa, harganya, bahkan tokonya pun juga dia uda tau coba, dan dia minta besokannya itu kita dateng lagi ke tempat yang dimaksud dia itu, trus beli kadonya, trus pulang. coba itu anak, kenapa ga sekalian dia sendiri aja coba kemarennya pas dia lagi disitu beli kadonya dia, terus dia tinggal minta ganti aja duitnya ama kita, kan ga ngerepotin sang pencari kadonya. dan coba tebak lagi siapa temen gue yang ulang tahun ini, si kodok lagi meen..

emang si kodok itu selalu yang paling aneh kalo minta kadonya, tapi gue juga akuin sih cuma dia doang temen yang bisa kita perlakukan semena-mena kalo mau di surprise in ultahnya. maksud gue adalah, cuma dia doang temen gue yang bisa kita surprise in ampe dateng ke kamarnya pas dia lagi tidur dan terus kita teriak selamat ulang tahuuun! padahal ulang tahunnya dia itu uda lewat hampir seminggu sebelumnya. dan cuma dia doang yang bisa diculik kapan pun juga itu sekehendak hati kita buat traktir kita makan-makan, entah itu tengah malam atau pagi buta, pilih aja. dan juga cuma dia doang yang gampang banget di ceplokin macem-macem atribut ultah dan dia seneng-seneng aja ga keganggu sama sekali, dan emang hanya dia doang sih yang sampe saat ini diceplokin mulu haha..

but somehow, bagaimanapun itu kisahnya, kita ga pernah miss satu pun untuk menyelenggarakan tradisi ini, sesibuk apapun kita. walaupun kita uda beda-beda jalan dan masing-masing uda punya temen yang baru lagi, tapi tetep aja kalo kita ngumpul lagi itu rasanya sama menyenangkannya seperti ketika dulu kita masih sama-sama. yang gue harapkan sih, tradisi ini akan terus kita lakukan sampai nanti kapanpun itu, dimanapun kita itu, dan seperti apapun kita itu :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar